Selasa, 10 Juli 2018

Textual description of firstImageUrl

CorelDRAW

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbaru program Corel Draw, yaitu CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Microsoft Windows 2000 dan versi Windows seterusnya.

Versi CorelDRAW untuk Apple Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi terakhir untuk Linux adalah Versi 9 (Rilisan tahun 2000, itu pun perlu di jalankan dengan Wine) dan Untuk Mac OSX adalah versi 11 (Rilisan 2001).

Sejarah CorelDRAW

Pada tahun 1987, Corel menyewa programmer yaitu, Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk membuat suatu aplikasi grafik berbasis vektor / vector-based illustration program untuk digabungkan dengan sistem penerbitan desktop / desktop publishing Corel. Dimana Perilisan awal CorelDraw pada tahun 1989. CorelDraw 1.x dan 2.x berjalan di bawah Microsoft Windows 2.x dan 3.0. CorelDraw 3.0 datang sendiri dengan rilis Microsoft Windows 3.1. Dimasukkannya TrueType di Windows 3.1 mengubah CorelDraw menjadi program ilustrasi serius, yang mampu menggunakan font outline yang diinstal ke sistem operasi tanpa memerlukan perangkat lunak pihak ketiga seperti Adobe Type Manager; dipasangkan dengan program pengeditan foto (Corel Photo-Paint), pengelola font (Corel Font Manager) dan beberapa perangkat lunak lainnya, CorelDraw juga merupakan bagian dari gabungan paket program grafis, yaitu gabungan antara program pengolah foto, program ilustrasi dan program desktop publishing.

Corel DRAW 10-Corel DRAW X4 dapat membuka file versi 3 dan setelahnya dengan beberapa fungsi yang hilang karena tidak mendukung fungsi-fungsi dari Corel Draw tersebut. Untuk Windows 10 CorelDraw X7 memerlukan pembaruan Ke-5.

File CorelDRAW

File CorelDRAW yang juga termasuk ke dalam pengelompokan ini
  • CorelDRAW (.CDR)
  • CorelDraw Compressed (.CDX)
  • CorelDraw Template (.CDT)
  • CorelDraw Presentation Exchange (CMX)
Referensi:
https://www.coreldraw.com/
https://id.wikipedia.org/

Belajar mengenai Corel Draw dan belajar Komputer lainnya:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar