Senin, 03 September 2018

Textual description of firstImageUrl

Mengenal Bagian-Bagian Microsoft Word 2


Kali ini kita akan membahas fungsi dari bagian-bagian tools dalam program Microsoft Word, tools tersebut memudahkan kita dalam mengetahui kegunaan dan fungsi dari setiap tombolnya. Simak penjelasan berikut.

Title Bar

Title Bar

Title Bar

Bagian yang diberi tanda kotak merah itulah "Title Bar". Title adalah judul atau nama dokumen yang sedang kita buka. Di sini saya membuka dokumen baru (lembar kerja baru) dan belum saya simpan atau saya kasih nama, jadi di sana tertulis "Document1".

Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar

Quick Access dapat kita katakan sebagai akses cepat. Terkadang untuk melakukan satu perintah tertentu kita harus melalui dua atau tiga kali klik menu. Oleh karena itu dibuatlah fasilitas ini untuk memudahkan akses. Sekali akses anda bisa langsung melakukan perintah yang dimaksud. Quick Access Toolbar ini bisa kita tambah dan kurangi sesuai keinginan kita.

Ribbon Tab Menu

Ribbon Tab Menu
Bagian - bagian Microsoft Word yang selanjutnya di sana ada "Tab Menu". Dinamakan "Tab" karena masing - masing menu tersebut memiliki turunan menu yang sangat banyak. Anda bisa lihat pada gambar. Pada Tab Menu "Home" terdapat kurang lebih enam kelompok menu. Dan di dalam masing - masing kelompok tersebut terdapat ribbon menu yang lebih banyak lagi.

Ribbon Menu

Ribbon Menu
Berikutnya mungkin ini yang tadi kita maksudkan turunan atau kelompok dari Tab Menu. Ribbon menu berisi banyak sekali menu yang langsung bisa kita akses. Berisi perintah - perintah diantaranya untuk mengatur, jenis huruf, warna huruf dan sebagainya.

Office Button

Office Button
Yang tidak boleh terlewatkan dalam membahas bagian-bagian program Microsoft Word dan fungsinya yaitu tombol berlogo Microsoft Office yang dikenal dengan istilah Office Button. Tombol ini berisi menu - menu eksekusi file seperti menyimpan dokumen, mencetak, dan juga membuka lembar kerja baru.

Lembar Kerja

Lembar Kerja

Di sinilah kita bekerja. Inilah lembar kerja Microsoft Word yang berfungsi untuk tempat kita menulis dan merangkai kata sesuai dengan kebutuhan dan keperluan masing - masing, lihat di bawah terdapat keterangan jumlah kata, nomor halaman dan juga bahasa yang kita gunakan dalam penulisan. Serta pada bagian samping kiri dan atas terdapat ruler atau skala.

Scroll Bar & Zoom

Scroll Bar & Zoom

Selanjutnya di sana ada Scroll Bar yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan halaman kerja kita ketika kita akan menuju pada halaman pertama atau halaman ke sekian. Juga terdapat menu pengaturan tampilan yang terletak di sebelah Zoom.

Kursus LPIA lainnya:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar