Selasa, 10 Juli 2018

Textual description of firstImageUrl

Cara Menggunakan Mouse (dalam Komputer) 1

Mouse adalah alat yang digunakan saat menjalankan program di komputer. Mouse memiliki berbagai macam bentuk, tetapi tetap memiliki fungsi yang sama antara satu dengan yang lainnya. Sebelum anda memahami bagaimana cara menggunakan mouse, terlebih dahulu kita akan mengenal bagian-bagian mouse. Silahkan lihat gambar di bawah ini:
Secara umum bagian-bagian mouse terdiri dari:
  • Tombol kiri, digunakan untuk klik tombol kiri
  • Tombol kanan, digunakan untuk klik tombol kanan
  • Scroll, digunakan untuk melakukan scroll

Menggunakan Mouse (dalam Komputer)

  1. Memegang Mouse

menggenggam bagian atasnya menggunakan telapak tangan.




  1. Menggerakkan Mouse

menggerakkannya ke segala arah untuk memposisikan pointer (tanda panah) di layar komputer.







  1. Klik Tombol Kiri Dan Klik Tombol Kanan


Klik tombol kiri atau klik, digunakan untuk membuka menu atau memilih item di layar, berupa icon, file, opsi menu, atau mengkses menu, menandai / memilih komponen pada layar Microsoft Windows, memindahkan kursor saat menulis, memilih komponen tertentu dan sebagainya. Cara penggunaanya, dengan cara menekan tombol kiri biasanya menggunakan jari telunjuk. Klik tombol kanan, digunakan untuk memunculkan context menu atau menu yang berhubungan dengan objek yang sedang ditunjuk, misalnya pada aplikasi Microsoft Word jika ditekan klik kanan akan muncul menu copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dan menu lainnya. Cara penggunaanya yaitu dengan menekan tombol kanan, biasanya menggunakan jari manis.

  1. Drag and Drop

Tekan tombol kiri lalu tahan dan digeser. Ini biasa digunakan untuk memindahkan objek, melakukan blok teks, atau memilih beberapa objek sekaligus, misalnya ketika drag suatu paragraf untuk melakukan copy-paste. Drag dan drop juga bisa digunakan untuk menunjuk satu objek / icon, mengklik dan menahan tombol kiri, kemudian mengarahkan mouse ke tempat yang diinginkan, lalu melepas tekanan pada tombol. Dapat dianalogikan dengan gerakan mengambil benda, menggenggam, mengarahkan, lalu melepaskan benda di tempat yang diinginkan.

  1. Klik dua kali / double klik.

Cara penggunaan operasi double klik, tinggal klik dua kali dengan cepat. Digunakan untuk membuka atau menjalankan suatu program tertentu, misalnya jika klik ganda pada shortcut aplikasi maka program tersebut akan segera terbuka.



referensi:

  • https://support.microsoft.com/
  • www.iconspng.com
  • https://www.logitech.com/
  • https://us.creative.com/
  • https://pc.toshiba-asia.com/
  • https://store.hp.com/
  • https://www.dell.com/en-us/
Belajar mengenai program komputer lainnya:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar