Sabtu, 04 Agustus 2001

Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang biasa digunakan untuk melakukan perhitungan data. Pada aplikasi ini terdapat beberapa fungsi yang sering digunakan untuk membantu pengguna mempermudah perhitungan data. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya adalah fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan masih banyak lagi rumus lainnya yang sering digunakan.
Dengan adanya fungsi pengguna akan dipermudah dalam melakukan penjumlahan data yang banyak, mencari rata-rata dari data yang banyak, mencari nilai tertinggi atau terendah dan pastinya masih banyak fungsi lainnya yang dapat digunakan. Sedangkan untuk melakukan perhitungan biasa seperti pertambahan, perkalian, pembagian bisa dilakukan dengan mudah. Yaitu dengan cara seperti dibawah ini.
=angka1+angka2
Keterangan:
  • angka1 berarti angka pertama yang kemudian akan dijumlahkan dengan angka2,
  • Tanda "+" merupakan simbol dari pertambahan. Untuk perkalian pengguna bisa menggunakan simbol "*", pembagian menggunakan simbol "/" dan pengurangan menggunakan simbol "-" (tanpa tanda kutip).

Fungsi SUM

SUM berfungsi untuk menambahkan semua angka dari range tertentu. Sebagai contohSUM(A1:G1) artinya aplikasi akan menambahkan seluruh angka yang terdapat di sel A1sampai sel G1. Contoh lainnya adalah SUM(A1,G3,U6) yang artinya menambahkan angka di sel A1, G3 dan U6. Cara penggunaannya adalah:


=SUM(angka1, angka2, dst)
Keterangan:

angka1 berarti angka pertama yang akan ditambahkan,
angka2 berarti angka kedua dan seterusnya yang akan ditambahkan.


Fungsi AVERAGE

AVERAGE berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari range tertentu. Sebagai contohAVERAGE(A1:G1) artinya aplikasi akan mencari nilai rata-rata dari sel A1 sampai selG1. Contoh lainnya adalah AVERAGE(A1,G3,U6) yang akan mencari nilai rata-rata dari sel A1, G3 dan U6. Cara penggunaannya adalah:


=AVERAGE(angka1, angka2, dst)
Keterangan:

angka1, angka2, dst berarti kumpulan angka yang akan dicari nilai rata-ratanya.

Fungsi MAX

MAX berfungsi untuk mencari nilai (angka) tertinggi dari range tertentu. Sebagai contohMAX(A1:G1) artinya aplikasi akan mencari angka tertinggi dari deretan angka di sel A1sampai sel G1. Cara penggunaannya adalah:

=MAX(angka1, angka2, dst)
Keterangan:

angka1, angka2, dst berarti kumpulan angka yang akan dicari nilai rata-ratanya.

Fungsi MIN

MIN berfungsi tak jauh berbeda dengan fungsi MAX. Bedanya, yang dicari adalah nilai terrendah dari range tertentu. Contoh MIN(A1:G1), artinya aplikasi akan mencari angka terkecil dari deretan angka di sel A1 sampai sel G1. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut:


=MIN(angka1, angka2, dst)
Keterangan:

angka1, angka2, dst berarti kumpulan angka yang akan dicari nilai rata-ratanya.

sumber: http://hakikioffice.blogspot.com/

 Belajar mengenai Microsoft Office lainnya:
Belajar mengenai Microsoft Word lainnya:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar